Tempat Download Software Unik dan Tempat Berbagi Tutorial Terbaru dan Terlengkap

Jumat, 01 November 2019

Pengertian Tentang RAM dan Perbedaannya

Pengertian Tentang RAM dan Perbedaannya





Pengertian :
Ram ( Random Access Memory ) adalah sebuah komponen / hardware dalam komputer yang bersifat Volatile.
apatitu sifat volatile.?. Volatile artinya berubah - ubah sesuai kebutuhan, jadi RAM bertugas sebagai penyimpanan sementara saat proses membuka data atau menjalankan program.

Fungsi :
1.Sebagai penyimpan data sementara 
Artinya : Ram bertugas sebagai media penyimpanan saat kalian menjalan proses buka tutup aplikasi, atau saat kalian sedang menjalankan tugas seperti Gaming, Editing atau hanya sekedar streaming atau office, karna itu pemilihan kapasitas ram sangat penting untuk kebutuhan jangka panjang.
 2. Sebagai Media pembaca data 
Artinya : Sama seperti nomer satu, ram berfungsi sebagai media pembaca apa yang sedang / ingin anda lakukan, karna itu RAm memiliki berbagai jenis speed mulai dari yang terendah dan yang tertinggi.

Jenis - Jenis Ram :
Ram dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai kebutuhan dan fungsinya, antara lain :
1. Dynamic RAM ( D Ram ). 
D Ram ( Dynamic Random Access Memory ) adalah jenis RAM yang disegarkan (refresh) oleh CPU (Central Processing Unit) secara berkala agar data yang ada di dalamnya tidak hilang.

2. SD RAM
SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory) adalah RAM lanjutan dari DRAM namun telah mengalami sinkronisasi oleh clock sistem. Umumnya SDRAM lebih cepat dibandingkan DRAM.

3. DDR RAM
DDR RAM (Double Rate Random Access Memory) atau sering disebut dengan DDR saja, yaitu jenis RAM dengan teknologi lanjutdan dari SD RAM. DDR RAM juga memiliki generasi terbaru, yaitu DDR2, DDR3 dan DDR4

4. RDR RAM
RDR RAM (Rambus Dynamic Access Memory) adalah jenis RAM yang proses kerjanya lebih cepat dan umumnya lebih mahal dari SD RAM. Jenis SD RAM digunakan pada perangkat komputer yang menggunakan Pentium 4.

5. S RAM
S RAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM yang dapat menyimpan data di dalamnya tanpa harus ada penyegaran/ refresh dari CPU. Jenis RAM ini proses kerjanya lebih cepat dari D RAM dan SD RAM.

6. EDO RAM
EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory) adalah jenis RAM yang digunakan pada perangkat dengan OS Pentium. Jenis memori ini dapat melakukan proses penyimpanan dan mengambil data dalam waktu bersamaan.

Sekian Penjelasa Dari saya apabila ada sesuatu yang kurang silahkan tinggalkan di komentar Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar